GEJALA JUPITER MX (OJMX 06)

Selamat sore para bikers mania ....
sore ini ane mau sedikit sharing tentang kondisi motor yang mengalami gangguan seperti :

1. Lampu depan tidak menyala
2. Lampu sen menyala tapi tidak kedip
3. Ketika klakson di pencet maka klakson bunyi sendat sendat / tidak bunyi sama sekali
4. Tidak bisa starter
5. Lampu nyala redup

ane telusuri di om Google dan tante Wikipedia ternyata disitu yang pertama kita harus cek adalah akinya ,,,, kebetulan punya ane aki kering jadi ane baru bisa ngecek aki kering saja.

Kebetulan ane juga seorang engineering di sebuah universitas negeri di jakarta, jadi ane langsung aja mempraktikkan kemampuan n skill ane dalam hal membaca tegangan menggunakan Voltmeter

 

Cara mengetes aki menggunakan Voltmeter sebagai berikut :
Ini cara mengeceknya, setelah aki di charge ukur berapa tegangan yang dimiliki, normalnya sekitar 12,4 volt. Setelah itu pasang aki tersebut pada motor, dan hidupkan kunci kontak ke posisi on, tunggu sekitar 2-5 detik lalu matikan, dan cek kembali tegangan aki sobat jika kurang 12,4 volt bisa dipastikan aki sudah drop dan waktunya untuk diganti.

 Setelah memastikan bahwa aki baik ternyata ane ngeliat ada sebuah sekring disebelah aki seperti gambar berikut : 

 


 Untuk lebih jelasnya macam macam sekring yang terlihat seperti diatas. kalo ini ga usah di cek lagi gan.... kenapa ? karena harganya yang sangat murah satunya ane beli seribu rupiah dan diatasnya ada tulisan 10 gitu jadi ga usah ragu ragu lagi gan lagsung saja ganti insya allah semuanya kembali seperti semula.



mungkin ini sedikit share mengenai gejala lampu mati dan sen serta starter dan klakson tidak berfungsi dengan baik. bila ini masih kurang jelas silahkan saran agan agan sangat membantu ane untuk bisa menjadi master yang baik hati untuk menshare sedikit ilmu yang bisa kita dapat dari bertanya ....

Sekian alhamdulillahi jazakumullahu khoiro